Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA ARJOMULYO

MEMBANGUN DESA TANGGUH BENCANA UNTUK KETAHANAN DESA

MEMBANGUN DESA TANGGUH BENCANA UNTUK KETAHANAN DESA

Membangun desa tangguh bencana merupakan hal yang sangat penting guna menciptakan masyarakat yang sadar dan berpengetahuan luas tentang pentingnya pengetahuan ketanggapan bencanaan . Jika tidak menyiapkan masyarakat yang tangguh bencana maka korban jiwa, kerugian, dan kerusakan akibat bencana akan terus meningkat. Selain itu rehabilitasi dan rekonstruksi membutuhkan sumber daya yang besar termasuk anggaran.

Oleh karena itu, Pemerintah melakukan program pengurangan resiko bencana dan peningkatan kapastitas tangguh bencana yang mendorong munculnya peran aktif masyarakat, terutama di lokasi yang rawan bencana untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan serta memanafaatkan dan mengelola setiap tahapan kegiatan pengurangan resiko bencana.

Pemerintah desa secara khusus berkerjasama dengan BPBD Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas desa tangguh bencana Tahun 2023, yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 2 Mei 2023 - 5 Mei 2023 di Aula Balai Desa Arjomulyo. Peserta yang mengikuti adalah Perwakilan dari RT, RW, Linmas, Bidan Desa, Perwakilan perempuan dan Perangkat Desa. Materi yang di sampaikan merupakan materi-materi tentang kebencanaan dan bagaimana cara mengurangi resiko pasca bencana dll.  

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas Destana ini karena sangat penting untuk mengurangi resiko-resiko bencana yang ada di Desa Arjomulyo, bencana yang sering terjadi di desa Arjomulyo adalah banjir, angin dan kekeringan. Peserta di wajibkan membuat peta risiko bencana yang didalamnya berisi petunjuk arah, jalur evakuasi bencana dll. Pembelajaran ini dilakukan dengan cara mendengarkan materi dari fasilitator , diskusi kelompok , presentasi hasil diskusi. Setelah kegiatan pelatihan selesai, dibentuklah forum pengurangan risiko bencana yang dilegalkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa.

Dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas Destana ini diharapkan masyarakat bisa memahami dna menerapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mengurangi resiko-resiko bencana yang terjadi.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2