Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA ARJOMULYO

KERJA BAKTI SEBAGAI WUJUD KERUKUNAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

KERJA BAKTI SEBAGAI WUJUD KERUKUNAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

    Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah  kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

     Di Desa Arjomulyo kerja bakti masih sering dilaksanakan walau belum rutin setiap bulannya, seperti membersihkan saluran air, membersihkan lingkungan sekitar dan membangun jalan lingkunga. Kerja bakti yang sudah rutin dilakukan setiap tahun adalah membersihkan makam atau kuburan di desa, hal ini menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh masyarakat arjomulyo.

    Pada hari minggu 27 Maret 2022 masyarakat arjomulyo secara serentak melakukan kerja bakti membersihkan makam-makam yang ada di desa. Ada tiga makam besar yang selalu dibersihkan setiap tahunnya yang berada di dukuh wanatawang, dukuh pedate dan dukuh putihan desa bonjok .

     Antusias warga sangat baik, dan kegiatan berjalan dengan lancar. Tujuan kegiatan ini adalah agar tercipta lingkungan yang bersih, rapi dan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2