Sabtu, 04 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA ARJOMULYO

PELATIHAN BADAN USAHA MILIK DESA ( BUM DESA)

PELATIHAN BADAN USAHA MILIK DESA ( BUM DESA)

       Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) di Kabupaten Kebumen, pemerintah kabupaten Kebumen dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kebumen menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola Bum Desa se Kabupaten Kebumen. Bum Desa menurut Permendagri no. 39 Tahun 2010 adalah usaha desa yang dibentuk / dididrikan oleh pemerintah desa yang kepemilikan modal dan pengelolanya dilakukan pemerintah desa dan masyarakat. Dalam rangkan memperkuat perekonomian  desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

     Pelaksanaan pelatihan bagi pengelola Bum Desa di selenggarakan di Ruang Puring Hotel Candisari Karanganyar. Masing-masing mengirimkan satu orang pengelola Bum Desa dan membawa surat tugas dari kepala desa masing-masing. Kegiatan ini berlangsung dua hari dari hari Senin-selasa, 24-25 Oktober 2022.

       Kegiatan pelatihan pengelola Bum Desa dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Kabupaten Kebumen. Dan disi oleh pemateri yaitu bapak Yoso dan Ibu Azidah. Tujuan pendirian Bum desa menurut UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, adalah sebagai berikut : meningkatkan perekonomian rakyat, mengoptimalkan asset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa, mengembangkan rencana Kerjasama antar desa dan atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan desa dan pendapat asli desa.

     Dengan di selenggarakannya kegiatan pelatihan bagi pengelola Bum Desa ini diharapakn masing-masing pengelola Bum Desa mendapatkan bekal ilmu untuk memajukan bum desa di masing-masing desa sehingga perekonomian di desa bertambah dan menjadi desa yang mandiri dengan bertambahnya pendapat asli desa nya. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2